Seputar Euro – Apakah Anda termasuk pecinta sepak Bola? Jika iya, ada kabar  menarik khusus untuk Anda.

Perhelatan akbar turnamen sepak bola benua biru yaitu Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 akan segera berlangsung.

Turnamen Euro 2020 merupakan turnamen Sepak Bola yang mempertemukan negara-negara di Eropa sebagai pesertanya.

Turnamen ini sudah berlangsung sejak 60 tahun yang lalu dan dilaksanakan selama empat tahun sekali.

Kejuaraan pada kali ini akan menjadi kejuaraan Sepak Bola Eropa edisi ke-16 yang diselenggarakan oleh UEFA (Union of European Football Association).

Euro 2020 akan dilaksanakan pada 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Turnamen pada kali ini adalah pagelaran Piala Eropa pertama yang menggunakan 12 kota pada 12 negara di Eropa sebagai tempat pelaksanaan pertandingannya.

Pada 6 Desember 2012, UEFA mengumumkan bahwa turnamen final Euro 2020 akan diadakan di beberapa kota diseluruh Eropa untuk menandakan hari jadi ke-60 turnamen bergengsi ini.

Akan tetapi, pemilihan kota tuan rumah tidak berarti bahwa jatah kualifikasi otomatis diberikan kepada tim nasional dari negara tuan rumah.

UEFA beranggapan bahwa menyelenggarakan turnamen di seluruh Eropa merupakan keputusan yang logis pada masa krisis finansial yang terjadi di seluruh Eropa.

Format perluasan (dari 31 pertandingan yang melibatkan 16 negara menjadi 51 pertandingan yang melibatkan 24 negara) juga menjadi salah satu alasan mengapa Euro 2020 dilaksanakan di seluruh Eropa.

Kota yang terpilih sebagai tempat penyelenggaraan turnamen Euro 2020 adalah Baku (Azerbaijan), Amsterdam (Belanda), Kopenhagen (Denmark), Budapest (Hongaria), London (Inggris), Roma (Italia), Munchen (Jerman), Dublin (Republik Irlandia), Bukares (Rumania), Sankt-Peterbug (Rusia), Glasgow (Skotlandia), dan Bilbao (Spanyol).

Baca Juga: Nicolo Zaniolo Masuk Skuad Italia Kualifikasi UEFA Euro 2020.

Setiap kota akan menyelenggarakan tiga pertandingan babak grup dan satu pertandingan babak 16 besar atau perempat final.

Sedangkan laga final Euro 2020, dipastikan akan digelar di Stadion Wembley, Inggris.

Apakah Anda tahu bahwa Drawing Euro 2020 telah dilakukan pada  Sabtu, 30 November 2019 di Burcharest, Rumania ?

Dari hasil drawing yang sudah dilaksanakan, terdapat beberapa pertandingan di fase penyisihan yang akan mempertemukan tim-tim besar.

Beberapa diantaranya adalah pertandingan antara Prancis, Jerman, dan juara bertahan Portugal yang berada dalam satu grup neraka.

Sedangkan satu tim penghuni Grup F yang akan menemani ketiga negara tersebut akan ditentukan pada Maret 2020 melalui babak play off.

Jadi, dapat dipastikan Piala Eropa 2020 akan menarik sejak fase penyisihan. Pada laga pembuka Euro 2020 akan mempertemukan 2 tim di Grup A antara Italia yang akan berhadapan dengan Turki pada Juni mendatang.

Sedangkan, dua tim penghuni Grup A lainnya adalah Swiss dan Wales. Partai ulangan semi final Piala Dunia 2018 juga akan terjadi di babak penyisihan.

Inggris dan Kroasia akan kembali bertemu di Grup D. Mereka juga akan bersaing dengan Republik Ceko dan salah satu tim pemenang babak play off.

Pertandingan pada grup lain juga tidak akan kalah seru. Karena, hampir dikatakan negara-negara peserta Euro 2020 memiliki kualitas yang merata.

Sehingga, tidak dipungkiri akan terjadi kejutan – kejutan pada turnamen empat tahunan tersebut.

Dari hasil drawing yang telah dilaksanakan terdapat beberapa tim besar yang berada dalam satu grup.

Tim – tim tersebut akan saling bersaing untuk memperebutkan tiket untuk melaju ke putaran selanjutnya.

Dalam turnamen Euro 2020 setiap tim nasional wajib mendaftarkan skuat yang berisi 23 pemain (tiga diantaranya merupakan penjaga gawang) paling lambat sepuluh hari sebelum pertandingan pembuka turnamen ini.

Apabila seorang pemain mengalami cidera atau sakit yang cukup parah dan tidak bisa berpartisipasi dalam turnamen ini sebelum pertandingan pertama bagi tim yang bersangkutan.

Maka, dia akan digantikan oleh pemain lain untuk menggantikannya. Kemudian, bagaimana kesiapan tim-tim peserta Euro 2020 dalam menghadapi kejuaraan tersebut?

Berikut, kami berikan informasi mengenai kesiapan beberapa tim peserta turnamen Euro 2020:

  1. Prancis;

Prancis merupakan negara yang telah menjuarai gelaran Piala Dunia 2018 Rusia. Akan tetapi, Prancis berhasil mengalahkan Kroasia di babak final dengan skor 4-2 atas kemenangan Prancis.

Dari pencapaian tersebut, tentu skuat yang ada dalam timnas Prancis tidak diragukan lagi kualitasnya. Dalam menghadapi Euro 2020 timnas Prancis menampilkan skuat  mirip dengan skuat pada saat Prancis mengikuti turnamen Piala Dunia 2018 silam. Dengan skuat yang dimiliki saat ini, Prancis menjadi kandidat utama yang akan menjuarai gelaran Euro 2020.

Berikut skuat sementara Timnas Prancis di Kualifikasi Euro 2020 asuhan Didier Deschamps:

Kiper: Alphonse Areola (PSG), Hugo Lloris (Totteham Hotspur), Steve Mandanda (Marseille).

Bek: Lucas Digne (Everton), Benjamin Pavard (Stuttgart), Raphael Varane (Real Madrid), Presnel Kimpembe (PSG), Djibril Sidibe (Monaco), Kurt Zouma (Everton), Layvin Kurzawa (PSG), Samuel Umtiti (Barcelona).

Gelandang: N’golo Kante (Chelsea), Paul Pogba (Manchaster United), Blaise Matuidi (Juventus), Moussa Sissoko (Totteham Hotspur), Tanguy Ndombele (Lyon), Kingsley Coman (Bayern Munich), Nabil Fekir (Lyon).

Depan: Olivier Giroud (Chelsea), Antoine Griezmann (Barcelona), Anthony Amrtial (Manchaster United), Florian Thauvin (Marseille).

  1. Portugal;

Portugal merupakan juara bertahan Euro 2016 Prancis silam. Selain menjuarai Piala Eropa, Portugal juga menjuarai UEFA Nations League 2018.

Dengan prestasi tersebut, Portugal merupakan tim yang tidak bisa dianggap remeh pada gelaran Euro 2020 kali ini.

Portugal menjuarai kedua turnamen tersebut dengan skuat yang cukup merata. Skuat tersebut pun kini digunakan dalam turnamen Euro 2020.

Akan tetapi, posisi Portugal yang berada satu grup bersama dengan Prancis dan juga Jerman membuat Portugal harus ekstra bekerja lebih keras agar bisa melangkah ke putaran berikutnya.

Berikut skuat sementara Timnas Portugal di Kualifikasi Euro 2020 asuhan Fernando Santos:

Kiper: Beto (Goztepe), Jose Sa (Olympiakos Piraus), Rui Patricio (Wolverhampton Wanderers).

Bek: Daniel Carrico (Sevilla), Domingos Duarte (Granada), Ferro ( Benfica), Joao Cancelo (Manchaster City), Jose Fonte (Lille OSC), Mario Rui (Napoli), Nelson Semedo (Barcelona), Pepe (Porto), Ruben Dias (Benfica), Ruben Semedo (Olypiakos Piraus).

Tengah: Andre Gomes (Everton), Bernando Silva (Manchaster City), Bruma (PSV Eindhoven), Bruno Fernandes (Sporting), Danilo (Porto), Diego Jota (Wolverhampton Wanderers), Joao Felix (Atletico Madrid), Joao Mario (lokomotif Moskva), Joao Moutinho (Wolverhampton Wanderers), Raphael Guerreiro (Dortmund), Renato Sanches (Lille OSC), Ricardo Pereira (Leicester City), Ruben Neves (Wolverhampton Wanderers), William Carvalho (Real Betis).

Depan: Andre Silva (Frankfurt), Cristiano Ronaldo (Juventus), Daniel Podence (Olympiakos Piraus), Dyego Sousa (Shenzhen), Eder (lokomotif Moskva), Goncalo Guedes (Valencia), Goncalo Paciencia (Frankfrut), Pizzi (Benfica), Rafa Silva (Benfica).

  1. Jerman;

Dua trofi diraih pada saat masih Jerman Barat dan satu trofi diraih ketika sudah bersatu menjadi Jerman.

Jerman merupakan negara yang paling banyak menjuarai Euro 2020 dengan meraih tiga trofi.

Jerman merupakan tim besar yang berhasil menjuarai Piala Dunia di tahun 2014 Brazil. Akan tetapi, setelah turnamen tersebut performa Jerman mulai menurun.

Hal tersebut disebabkan karena Jerman saat ini lebih menggunakan jasa pemain muda dengan tujuan untuk rotasi pemain yang baik.

Saat ini, pemain muda Jerman sudah mulai matang dan menunjukkan ketajamannya. Dengan semangat juang dan motivasi besar, tidak dipungkiri Jerman bakalan mengganggu Prancis dan Portugal untuk melangkah lebih jauh dari Fase grup.

Berikut skuat sementara Timnas Jerman di Kualifikasi Euro 2020 asuhan Joachim Law:

Kiper: Bernd Leno (Arsenal FC), Manuel Neuer (Munchen), Kevin Trapp (Eintracht Frankfurt).

Bek: Matthias Ginter (Borussia Monchengladbach), Marcel Halstenberg (RB Leipzig), Lukas Klostermann (RB Leipzig), Jonas Hector (Cologne), Thilo Kehrer (PSG), Nico Schulz (Dortmund), Niklas Stark (Hertha BSC), Niklas Sule (Munich), Jonathan Tah (Bayer 04 Leverkusen).

Gelandang / penyerang: Julian Brandt (Dortmund), Kai Havertz (Bayer 04 Leverkusen), Julian Draxler (PSG), Serge Gnabry (Munchen), Leon Goretzka (Munchen), Joshua Kimmich (Munchen), Ilkay Gundogan (Manchester City), Leroy Sane (Manchester City), Marco Reus (Dortmund), Timo Werner (RB Leipzig).

Ke tiga tim di atas merupakan tim yang berada dalam grup neraka yaitu Grup F. Sedangkan satu tim lagi, akan diisi oleh tim yang menang pada babak play off.

Sudah pasti, pertandingan pada grup ini akan begitu menarik dan sengit. Menurut Anda, kira-kira siapa yang bakalan menjadi juara grup? Kita lihat saja nanti pada Juni-Juli 2020.

LEAVE A REPLY