Seputar Euro –┬áSeperti yang kita tahu, babak grup Euro 2020 tak sepenuhnya usai. Hal ini karena kita masih harus menunggu 4 negara lainnya yang bakal menyusul tim lainnya ke babak final dengan berlaga di babak play-off.

Berhasil tampil maksimal di babak kualifikasi yang telah diselenggarakan tahun kemarin, mengantarkan Italia ke babak final dan bergabung ke Grup A Euro 2020.

Grup yang satu ini terbilang tidak terlalu berat karena bersaing dengan Turki, Wales dan Swiss.

Pada Grup C Euro 2020 terdapat Belanda, Ukhraina dan Austria. Sementara ini baru tiga negara yang bergabung karena satu negara lagi akan bergabung setelah menguman play-off. Negara tersebut berasal dari pemenang play-off D.

Grup yang paling mendapatkan sorotan tajam untuk Euro tahun ini adalah Grup F Euro 2020.

Hal ini karena Grup ini dihuni oleh Jerman, Prancis dan Portugal, di mana Portugal adalah juara bertahan di Euro 2016 lalu.

Tidak heran jika banyak dari penggemar sepak bola menantikan pertandingan di Grup ini. Sejumlah penikmat pun menyebut Grup ini dengan Grup Neraka.

Sebab, isinya adalah tim-tim yang berpotensi menang dan sama-sama kuat.

Baca Juga: Berita Euro 2020.

Untuk lebih jelaskan, ada sejumlah fakta lainnya yang harus kita tahu dari hasil drawing babak final Euro 2020.

Wales vs Italia

Grup A menjadi hunian untuk Wales dan Italia. Di mana Wales punya rekor cukup buruk saat menghadapi Italia.

Bisa dibilang Wales selalu kalah telak dari Italia. Dari 9 pertemuan dengan Italia, 5 di antaranya mereka sama sekali tidak mencetak gol.

Uniknya mereka sama sekali belum pernah bertemu di kejuaraan Euro sebelumnya.

Italia vs Turki

Fakta lainnya yang harus Anda tahu adalah masih terdapat di Grup A. Di mana ini adalah satu-satunya pertemuan antara Italia vs Turki.

Faktanya terjadi di Euro 2000 lalu, dengan keberhasilan Gli Azzuri 2-1, yang dicetak oleh Antonio Conte dan juga Filippo Inzaghi.

Italia vs Swiss

Tim lainnya di grup A yaitu Italia dan Swiss juga menyimpan fakta. Keduanya akan bertemu untuk pertanama kalinya pada kejuraan Euro.

Jika dilihat dari pertandingan sebelumnya Swiss menang dua kali dari Italia dari tiga pertandingan.

Spanyol vs Swedia

Fakta lainnya datang dari Grup E, yang dihuni oleh Spanyol dan Swedia. Grup ini pernah bertemu hanya sekali di tahun 1953.

Itu pun hanya sebuah pertandingan persahabatan saja. Sejauh ini mereka tidak pernah terlibat pertandingan resmi.

Kira-kira, bagaimana ya pertandingan kedua negara ini berlangsung?

Spanyol vs Polandia

Jika ditanya salah satu laga yang paling dinanti, maka Spanyol dan Polandia merupakan salah satunya.

Hal ini karena Polandia mempunyai sejarah kelam dengan Spanyol, di mana Polandia ditaklukan telak di bawah Spayol dengan margin terbesar 67 tahun terakhir ini.

Skornya sendiri 6-0 di Murcia pada tahun 2010 silam. Lantas bagaimana nasib Polandia pada pertandingan kali ini?

Prancis vs Portugal

Prancis dan Portugal menghuni Grup F di mana ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Euro.

Prancis merupakan juara dunia di tahun 2018 dan Portugal merupakan juara Piala Eropa di tahun 2016.

Ini tentu bakal menjadi pertandingan sengit di antara keduanya. Tidak ada yang mau kalah pastinya.

Dari 6 Grup yang sudah ditetapkan dalam babak final Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 ini, ada Grup yang paling banyak menyita perhatian.

Grup tersebut bahkan sudah mendapatkan julukan tersendiri saking banyak penikmat sepak bola yang terngaga melihat menyatuan mereka dalam sebuah grup.

Grup tersebut berisi Jerman, Prancis dan Portugal. Tiga tim tersebut tergabung dalam Grup F di mana akan menambah satu anggota lagi yang akan didapatkan dari babak play-off.

Duel sengit sudah pasti hadir di pertindan Grup F nantinya. Terlebih dengan ketiga negara yang sama-sama terkenal akan kekuatan persepak bolaannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini fakta-faktanya.

  • Jerman merupakan pencetak juara terbanyak di Piala Eropa selain Spanyol hal ini tentu menjadi tolak ukur tersendiri kekuatan Jerman di Grup F.
  • Prancis merupakan juara dari ajang Piala Dunia 2018. Hal ini menekankan bahwa kondisi pemain timnas Prancis sedang dalam masa jayanya. Tentu tidak ada yang perlu diragukan dari kesiapan tim ini dalam menghadapi Piala Eropa 2020.
  • Portugal adalah juara Piala Eropa sebelumnya. Ini merupakan sebuah pembuktian yang menekankan bahwa Portugal tidak mudah untuk dipatahkan. Tentunya untuk melawan Portugal tidak akan mudah untuk Jerman maupun Prancis.
  • Fakta lainnya, ketiga negara tersebut masing-masing sudah pernah menjuarai Piala Eropa dengan Jerman sebanyak tiga kali yaitu di tahun 1972,1980 dan 1996. Sementara Prancis di tahun 2000 dan terakhir Portugal di tahun 2016.
  • Sejarah mencatat, ketiga tim ini pun menjadi juara di ajang kejuaraan sepak bola akhir-akhir ini. Dengan begitu bisa dipastikan jika tim mereka sama-sama kuat. Portugal juara Piara Eropa 2016. Jerman Piala Dunia 2014. Prancis juara Piala Dunia 2018.
  • Di Piala Eropa 2016 pun ketiganya bersaing secara ketat karena bertemu di semifinal dan final. Pada babak semifinal, Prancis berhasil mengalahkan Jerman. Namun saat Prancis maju ke babak final, langkahnya berhasil ditaklukan oleh Portugal. Tidak heran bukan jika grup ini disebut sebagai grup neraka?
  • Bagi Anda yang takut-takut jagoannya tersingkir karena ada di grup yang sama, tidak usah khawatir. Sebab, menjadi satu grup bukan berarti salah satu dari mereka akan langsung tersingkir. Format dari Piala Eropa terdapat slot lolos untuk peringkat 3 terbaik. Nah nantinya, peringkat tiga terbaik ini akan lolos ke fase knock-out.
  • Namun jika ditanya, siapa yang paling diunggulkan di Grup F? Maka jawabannya adalah Jerman. Hal ini karena faktanya mereka akan memainkan seluruh duel di depan seluruh pendukung mereka, yaitu di Munich. Satu kota tuan rumah lain untuk memaikan pertandingan Grup F adalah Budapest, Hungaria. Namun tentu saja, dukungan terkadang tidak cukup kuat dibanding dengan pertandingan sesungguhnya, bukan?

Terlalu banyak fakta yang menggelitik sehingga keinginan kita untuk cepat-cepat ke bulan Juni 2020 semakin besar.

Mungkin mulai dari sekarang, Anda harus menyiapkan dukungan terbaik untuk tim favorit Anda.

Apakah setelah membaca fakta-fakta di atas, Anda bisa memprediksi, tim manakah yang akan lolos ke babak semifinal, final atau bahkan lolos sebagai pemenang Piala Eropa tahun ini? Tentu cukup sulit bukan?

Meski sudah melakukan analisis cukup baik akan hal ini, tetap saja yang terjadi di lapangan tidak bisa diprediksi.

Sebagai penggemar olahraga, hanya dukungan terbaik yang bisa diberikan. Tentunya, dukungan itu menjadikan kita lebih menikmati pertandingannya nanti.

Risiko kalah atau bahkan menang itu sudah biasa, yang penting kebersamaannya. Nah bagaimana? Sudah siap? Mari kita tunggu pagelaran Euro 2020 bersama-sama.

LEAVE A REPLY