Seputar Euro – Halo apa kabar? Apakah hari Anda menyenangkan hari ini? Ataukah hari ini merupakan hari buruk untuk Anda?

Apapun itu semoga Anda bisa melaluinya dengan hati yang bahagia ya. Apakah Anda pernah mendengar berita atau sekedar tahu mengenai EURO yang diselenggarakan di tahun 2020 ini?

Atau malah Anda sudah mendukung tim favorit Anda untuk menang ditahun ini? Kalau memang Anda menggemarinya berarti artikel ini mungkin akan bermanfaat untuk Anda karena artikel ini akan membahas beberapa fakta menarik terkait EURO 2020.

Nah sebelum masuk ke inti pembahasan jangan lupa siapkan amunisi sebelum berperang yuk. Secangkir lemon hangat ditambah madu sepertinya cocok untuk menenangkan Anda sembari membaca artikel seru pada kesempatan kali ini.

Apa sih EURO 2020 itu? Bagi Anda yang masih asing mendengarnya mari disimak terlebih dahulu penjelasan awalnya.

Tahun 2020 akan menjadi tahun yang dinanti-nanti oleh pencinta sepak bola. Bagaimana tidak, turnamen sepak bola terbesar di Eropa yakni Piala Eropa 2020 akan digelar.

Piala Eropa 2020 akan menjadi momen spesial karena bertepatan dengan perayaan 60 tahun setelah kejuaraan pertama digelar pada 1960.

Wah hal yang sangat menarik bukan? Nah sekarang mari lanjut ke fakta-fakta menarik yang memang sudah lengkap disajikan untuk Anda.

Inilah 4 Fakta Menarik Mengenai EURO 2020 Yang Sayang Untuk Dilewatkan Begitu Saja !

1. Fakta menarik pertama mengenai EURO 2020 adalah adanya perubahan format baru si tuan rumah.

Sekitar 12 negara yang akan menjadi tuan rumah dalam perhelatan hebat ini. Negara yang menjadi tuan rumah belum tentu akan lolos secara otomatis ke Piala Eropa.

Nah menarik bukan? Memang bukan hal yang remeh dan biasa saja. Segera cek dan simak apakah tim kesayangan Anda menjadi tuan rumah di EURO 2020 ini.

Berikut merupakan 12 negara yang menjadi tuan rumah di EURO 2020:

* Grup A yaitu Italia, Swiss, Turki, Wales. Di samping itu ada tuan rumah Stadion Olimpico, Roma, Italia dan Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan.
* Grup B yaitu Rusia, Belgia, Denmark, Finlandia. Tuan rumah Krestovsky Stadium, St. Petersburg, Rusia dan Parke Stadium, Kopenhagen, Denmark.
* Grup C yaitu Ukraina, Belanda, Austria, pemenang play-off D.
* Tuan rumah Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda dan Arena Nationala, Bukares, Rumania.
* Grup D yaitu Inggris, Kroasia, Republik Ceko, pemenang play-off C. Tuan rumah Wembley Stadium, London, Inggris dan Hampden Park, Glasgow, Skotlandia.
* Grup E yaitu Spanyol, Polandia, Swedia, pemenang play-off B. Tuan rumah San Mames, Bilbao, Spanyol dan Aviva Stadium, Dublin, Irlandia.
* Grup F yaitu Jerman, Perancis, Portugal, pemenang play-off A. Tuan rumah Allianz Arena, Munchen, Jerman dan Puskas Arena, Budapest, Hongaria.

2. Fakta menarik kedua mengenai EURO 2020 adalah 20 Negara Lolos Putaran Final, 16 Negara Bertarung di Playoff.

Selain adanya format tuan rumah yang baru ternyata fakta menarik lainnya adalah ada sekitar 20 negara yang lolos putaran final serta 16 lainnya bertarung di Playoff.

16 negara ini bertarung di babak play-off untuk memperebutkan sisa empat tiket ke putaran final.

Benar-benar merupakan persaingan sengit namun sehat untuk memperebutkan posisi mereka yang seharusnya.

Tahap pertama kualifikasi Piala Eropa 2020 sudah rampung pada 20 November 2019 dini hari lalu.

Negara yang gagal di tahap kualifikasi dibagi kembali ke dalam empat grup yang akan melalui babak play-off.

Pembagian grup play-off ini disesuaikan dengan kategori liga negara tersebut di UEFA Nations League 2018.

Pertandingan play-off akan digelar dengan format single match, semifinal dan final yang dilangsungkan pada 26 dan 31 Maret 2020.

Apakah tim kesayangan Anda sudah selamat? Atau sedang berjuang menuju putaran final?

Baca juga: UEFA Nations League 2018.

3. Fakta menarik ketiga mengenai EURO 2020 adalah rumor tim yang tergabung Group F adalah group panas.

Ada fakta menarik mengenai rumor tim yang tergabung di group f adalah tim-tim panas. Kira-kira maksudnya disini bagaimana ya?

Jerman, Prancis dan Portugal di EURO 2020 ini berada dalam grup yang sama. Grup F yang dihuni tiga negara tersebut bersama pemenang play-off A disebut group panas dan memanas.

Diprediksi akan terjadi persaingan sengit antara tiga negara yang masing-masing pernah menjuarai Piala Eropa tersebut.

Jerman pernah menjadi juara pada 1972, 1980 dan 1996. Prancis juga pernah menjuarai Piala Eropa 2000, sedangkan Portugal menjadi juara pada edisi terakhir Piala Eropa, yakni pada 2016.

Menariknya, pada Piala Eropa 2016, Prancis berhasil mengalahkan Jerman di babak semifinal.

Namun kemudian dikalahkan Portugal di laga final. Para pendukung tidak perlu khawatir soal ini karena masing-masing group sudah mendapatkan kesempatan dan porsi yang pas masing-masing.

Mereka akan terus memanas dengan tujuan yang baik dan juga dalam kompetisi saja tidak dalam kehidupan mereka.

Tim yang hebat tahu kapaan harus berperang dan kapan harus menjadi teman. Jadi group neraka disini yang dimaksudkan adalah tim dengan persaingan yang sangat ketat dan sengit bahkan berapi-api panas seperti neraka.

Nah bagaimana menurut Anda mengenai rumor yang satu ini? Apakah Anda setuju?

4. Fakta menarik keempat mengenai EURO 2020 adalah tentang Penantian Finlandia

Nah kira-kira apa yang terjadi dengan negara ini di EURO 2020 sampai-sampai beritanya begitu menghebohkan apalagi di dunia maya.

Sejauh ini Finlandia telah mengikuti 30 kualifikasi, Piala Dunia maupun Piala Eropa tanpa berhasil lolos ke fase grup.

Sejak mengikuti kualifikasi pada 1937, Finlandia akhirnya berhasil lolos ke putaran final Piala Eropa pada kualifikasi ke 31.

Lolos ke turnamen besar untuk pertama kali sepanjang sejarah tentunya menjadi kebanggaan luar biasa bagi negara berjuluk Huukajat itu.

Markku Kanerva disebut sebagai dalang di balik keberhasilan tim Finlandia. Ia dipromosikan menjadi pelatih kepala pada Desember 2016 menggantikan Hans Backe.

Dengan menerapkan taktik klasik 4-4-2 Kanerva membawa Finlandia memenangi 11 laga dari total 17 laga sejak bermain di UEFA Nations League pada September 2018.

Ia berhasil mengombinasikan pemain senior dan pemain muda dalam skuad Finlandia. Finlandia juga menjadi tim dengan pertahanan yang solid.

Tercatat Finlandia hanya kebobolan delapan gol selama bermain di babak kualifikasi dan menjadi terbaik kedua setelah Italia yang hanya kebobolan tiga gol.

Italia bahkan hanya berhasil dua kali mencetak gol ke gawang Finlandia dari total 25 gol yang telah dicetak negara itu di babak kualifikasi.

Nah jadi itulah yang menjadi cerita penantian Finlandia yang disebut membuahkan hasil atas kesabaran dan perjuangannya selama ini.

Itu dia beberapa fakta menarik seputar EURO 2020 yang patut Anda pahami dan simak. Bagaimana menurutmu? Apakah sejauh ini tim kesayangan Anda masih aman-aman saja?

LEAVE A REPLY