SeputarEuro.Net – Piala Euro 2020 sudah semakin dekat. Tim-tim besar yang berasal dari benua eropa pun sudah memastikan satu tempat untuk mengisi slot di ajang sepakbola terbesar di benua Eropa tersebut.

Sebut saja Spanyol, Portugal, Inggris, Belanda, Italia, Belgia dan masih banyak lagi yang sudah memastikan lolos dan bersiap untuk memulai laga di Piala Eropa.

Berbeda dari edisi sebelumnya, Piala Eropa kali ini memiliki format yang berbeda dalam menentukan tuan rumahnya.

Jika di edisi sebelumnya Tuan Rumah sudah difokuskan hanya di satu tempat, kali ini berbeda karena ada total 12 kota terpilih yang menjadi tuan rumah piala eropa 2020.

Hal ini serupa dengan apa yang dikatakan oleh Presiden UEFA saat itu, Michael Platini. Dia menyimpulkan bahwa hal ini lebih baik dari pada tuan rumah ini hanya dipusatkan di satu negara saja.

Keputusan dalam menentukan Tuan Rumah untuk Piala Euro 2020 kali ini sebetulnya sudah sejak tahun 2012 direncanakan oleh UEFA.

Tepatnya pada saat konferensi pers pada tanggal 30 Juni 2012, atau pada saat sehari sebelum laga final Piala Euro 2012.

Namun memang baru bisa di realisasikan pada ajang Piala Euro 2020 kali ini. Kalo memang sudah direncanakan sejak lama kenapa baru di realisasikan sekarang ya ???

Jawabannya karena pada gelaran Piala Euro 2020 kali ini momennya sangat pas. Piala Euro 2020 kali ini juga diadakan untuk memperingati hari jadi ke-60 kejuaraan terbesar se Eropa tersebut.

Pemilihan kota tuan rumah kali ini juga tidak bisa menjamin akan mendapatkan kursi otomatis sebagai tuan rumah.

Mereka harus tetap bersaing dengan negara lainnya untuk mendapatkan slot kursi di Piala Euro 2020.

Laga pembuka Piala Euro 2020 akan diselenggarakan di Stadion Olympico Roma yang merupakan kandang dari dua klub raksasa Italia yang berasal dari kota Roma, yakni AS Roma dan S.S Lazio.

Laga pembuka Piala Euro akan diselenggarakan pada tanggal 12 Juni 2020.

Baca Juga: Ada Sejumlah Fakta di Luar Nalar Dari Hasil Drawing Babak Grup Euro 2020.

Sementara itu, untuk laga penutup Piala Euro akan diselenggarakan di Stadion New Wembley London, Inggris. Stadion ini merupakan stadion paling bersejarah di kota London, Inggris.

Lalu dimana stadion penyelenggara Euro lainnya ??? Berikut daftar kota dan Stadion yang menjadi tuan rumah Piala Euro 2020, yaitu:

  • Grup A:

Stadion Olympico Roma, Italia.

Stadion ini berasal dari kota Roma, Italia. Stadion yang juga menjadi laga pembuka ini memiliki kapasitas penonton ± 82.000.

Stadion ini juga merupakan markas dari dua klub raksasa italia, yakni AS Roma dan juga SS Lazio.

Stadion Baku, Azerbaijan.

Stadion Olimpiade Baku ini terletak di Baku, Azerbaijan. Stadion ini memiliki kapasitas penonton ± 69.700 kursi. Stadion ini diresmikan pada tahun 2015.

  • Grup B:

Stadion Saint Petersburg, Rusia.

Stadion yang merupakan markas dari klub raksasa Rusia, Zenit St. Petersburg ini mempunyai kapasitas penonton sebanyak ± 68.134 kursi.

Stadion ini mempunyai julukan Zenit Arena. Terletak di bagian barat Pulau Kretovsky, di Saint Petersburg, Rusia.

Stadion Parken, Denmark.

Stadion ini dibangun pada tahun 1990 dan diresmikan pada tahun 1992. Stadion Parken terletak di kota Kopenhagen, Denmark. Stadion ini sebenarnya memiliki kapasitas sebanyak ± 55.000 jika digunakan untuk menggelar konser. Namun dibatasi oleh pemerintah menjadi ± 38.000 untuk pertandingan sepakbola.

  • Grup C:

Johan Cruijff Arena, Belanda.

Johan Cruijff Arena merupakan markas dari klub Raksasa Belanda, AFC Ajax. Stadion ini terletak di kota Amsterdam, Belanda.

Stadion ini memiliki kapasitas ± 54.990 ketika digunakan untuk pertandingan sepakbola dan bisa diperbesar hingga ± 68.000 jika digunakan untuk konser musik.

Stadion Bukares, Rumania.

Stadion ini memiliki nama lain Arena Nationala. Terletak di Bukarest, Rumania. Stadion yang diresmikan pada tahun 2011 ini memiliki kapasitas ± 55.600 kuri.

  • Grup D:

Stadion New Wembley, Inggris.

Stadion ini terletak di kota London, Inggris. Sebenarnya Stadion Wembley dibangun pada tahun 1923.

Namun Stadion Wembley sempat di hancurka pada tahun 2002 dan dibangun kembali pada tahun 2003 dan kembali diresmikan pada tahun 2007.

Stadion yang sering menjadi tuan rumah Piala FA ini memiliki kapasitas ± 90.000 kursi. Stadion ini juga akan dipakai untuk laga Final Piala Euro 2020.

Hampden Park, Skotlandia.

Stadion yang merupakan markas dari Queens Park FC ini mempunyai kapasitas sebanyak ± 60.853. Stadion ini terletak di kota Glasgow, Skotlandia.

  • Grup E:

San Mames Stadium, Spanyol.

Stadion ini dikenal juga dengan nama Nuevo San Mames atau San Mames Barria.

Merupakan markas dari klub asal Spanyol, yakni Athletic Bilbao. Stadion ini diresmikan pada tahun 2013 dan memiliki kapasitas ± 53.289 kursi.

Stadion Aviva, Irlandia.

Stadion ini terletak di kota Dublin, Irlandia. Stadion yang pernah juga digunakan untuk babak final Liga Eropa EUFA pada tahun 2011 ini memiliki kapasitas ± 51.700 kursi.

  • Grup F:

Allianz Arena, Jerman.

Stadion ini merupakan markas dari klub Raksasa Bundes Liga, yakni Bayern Munich FC.

Terletak di sebelah utara kota Munchen ini memiliki kapasitas ± sebesar 71.137 untuk Liga Local dan ± 67.812 kursi untuk Liga Internasional.

Ferenc Puskas Stadium, Hungaria.

Merupakan stadion multi-fungsi yang terletak dikota Budapest, Hungaria. Stadion yang sebelumnya memiliki nama Nepstadion ini memiliki kapasitas ± 68.976 kursi.

LEAVE A REPLY