SeputarEuro.Net – Sepakbola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Kepopuleran sepakbola bahkan mengalahkan olahraga balap seperti motogp dan formula 1.

Sepakbola selalu menyuguhkan drama yang sangat menarik untuk kita tonton. Drama tersebut bisa terjadi di lapangan seperti aksi para pemain dalam melakukan skill dan diving dan juga bisa terjadi diluar lapangan seperti aksi saling ejek antar pemain di social media atau dimanapun juga.

Selain disuguhkan oleh drama, di dunia Sepakbola pun tidak pernah luput dari ‘Skandal’. Ada banyak skandal yang terjadi didalam dunia pesepakbolaan ini. Mulai dari skandal prostitusi yang melilbatkan para pemain, memakan obat-obatan terlarang di pertandingan hingga kasus korupsi.

Berikut ini kami sudah merangkum 5 Skandal Terbesar dan Memalukan Yang Pernah Ada Di Dunia Sepakbola.

  1. Skandal Doping Diego Maradona (1994)

Skandal Doping Diego Maradona

Siapa sih yang tidak kenal dengan Diego Maradona ? dibalik postur tubuh yang kecil dan tampang yang menggemaskan, Maradona ternyata pernah melakukan hal yang mengejutkan dunia sepakbola. Ia terbukti positif pernah mengkonsumsi lima varian ephedrine.

Ephedrine merupakan obat untuk meningkatkan energi juga untuk menurunkan berat badan. Singkatnya, Maradona telah dianggap telah melakukan Dopping.

Tindakan Maradona ini tidak hanya merugikan dirinya sendiri, melainkan juga sangat merugikan Tim Nasional Argentina. Pasalnya, kala itu ia sedang bermain di turnamen Sepakbola tertinggi di dunia, yakni Turnamen Piala Dunia tahun 1994.

Karena telah terbukti positif menggunakan obat-obatan terlarang, Maradona pun harus dipulangkan dari turnamen tersebut. Setelah kehilangan Maradona, penampilan timnas Argentina langsung menurun secara drastis. Mereka kalah 0-2 dari Bulgaria yang membuat mereka harus puas berada di posisi 3 klasemen grup. Lalu mereka pun dikalahkan oleh Timnas Rumania di babak 16 besar yang membuatnya tersingkir di gelaran Piala Dunia tersebut.

  1. Sidney Govou, Frank Ribery dan Kareem Benzema (2010)

Sidney Govou, Frank Ribery dan Kareem Benzema

Pada tahun 2010, tiga bintang tim nasional Perancis ini melakukan Tindakan yang sangat memalukan. Mereka menyewa jasa wanita penghibur dibawah umur. Mereka pun dituding melanggar hukum prostitusi anak.

Adapun wanita yang terlibat atas skandal tersebut, ia bernama Zahia Deher. Kala itu ia masih berusia 16 tahun.

Ketiga pemain bintang timnas Perancis ini sempat membantah tudingan tersebut. Mereka sempat mengaku bahwa mereka memang tidak tahu menahu tentang usia si wanita tersebut. Mereka pun berdalih tidak akan menyewa wanita tersebut jika memang tau bahwa usia wanita tersebut masih dibawah umur.

  1. Ronaldo Bersama Dengan Tiga Waria (2008)

Ronaldo Bersama Dengan Tiga Waria

Kali ini ada skandal dari Ronaldo. Skandal ini termasuk yang paling unik dan aneh dan konyol juga sepertinya. Ronaldo pernah ditipu oleh tiga waria sekaligus.

Saat itu, pemain bernama lengkap Ronaldo Luís Nazário de Lima ini hendak menyewa jasa wanita penghibur. Tapi sial sekali nampaknya Ronaldo saat itu, ia tidak tau bahwa wanita yang disewanya itu kesemuanya merupakan seorang waria.

Baca Juga : Kenny Dalglish, Legenda Liverpool Yang Terinfeksi Virus Corona

Ronaldo baru sadar saat ia sudah tiba di hotel. Tiga waria ini sudah menduga jika skandal ini akan menjadi berita besar. Karena itu mereka pun tidak segan untuk memeras Ronaldo dan juga mengancamnya.

Ronaldo sendiri sempat mengabaikan kasus ini, namun tetap saja atas skandal nya tersebut membuat nama baiknya sedikit tercemar.

  1. Skandal Korupsi FIFA (2015)

Skandal Korupsi FIFA

FIFA merupakan organisasi tertinggi di dunia sepakbola. FIFA pun sama halnya dengan organisasi yang tidak bisa lepas dari praktik korupsi.

Skandal korupsi yang ada di FIFA ini terjadi pada tahun 2015. Saat itu FBI sedang menyelidiki setidaknya 14 pejabat FIFA dan juga mantan pejabat FIFA.

FIFA dituding telah menerima sogokan sebesar 100 juta USD lebih dari negara yang telah terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia. Hal ini tentu saja sangat memalukan dan menjadi tamparan keras dalam dunia sepakbola.

Kabarnya, kasus suap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia kembali terulang lagi. Kali ini Qatar yang dituduh melakukan sogokan sejumlah uang untuk menjadi tuan rumah di Piala Dunia 2022 mendatang. Tapi tentu saja ini masih menjadi kabar burung dan masih dalam penyelidikan.

  1. Skandal Calciopoli (2006)

Skandal Calciopoli

Nah yang terakhir datang dari Italia. Ada yang tau tentang skandal Calciopoli ini ? Calciopoli sangat mencoreng pesepakbolaan Italia. Skandal ini melibatkan beberapa tim besar Italia seperti Juventus, Intermilan dan Lazio. Ini merupakan kasus terburuk dalam sejarah pesepakbolaan Italia.

Kabarnya, beberapa tim dan para mafia di Italia menyuap wasit untuk melakukan pengaturan skor sesuai dengan pertandingan yang mereka inginkan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Juventus. Juventus telah terbukti bersalah karena menyogok wasit untuk mengatur skor dari pertandingan yang akan mereka jalankan. Sangat jelas hal ini melanggar fair play dan kode etik dalam Sepakbola.

Karena kesalahannya, Juventus yang pada saat itu berhasil meraih gelar juara Serie-A harus merelakan gelar juara tersebut dicabut oleh FIFA dan diberikan kepada tim yang finish di posisi 2. Selain pencabutan gelar juara, Juventus pun tidak bisa mengikuti pertandingan UEFA Championship karena terbukti melakukan kecurangan dan Juventus pun harus rela didegradasi ke Serie-B.

Kasus terseretnya Juventus di Skandal Calciopoli ini sempat menjadi sorotan dunia, mengingat Juventus merupakan tim yang sangat disegani di Dunia.

LEAVE A REPLY