Berita Bola – Masa-masa kejayaan Timnas Jerman sepertinya mulai berakhir. Timnas Belanda menang 3-0 atas timnas Jerman dalam laga lanjutan Liga A Grup 1 UEFA Nations League 2018, di Johan Cruijff Arena, Minggu (14/10/2018) dini hari WIB. Kemenangan telak ini membuat Belanda mencatatkan sejarah baru.

Tim asuhan Ronald Koeman membuat pesta gol melalui sundulan Virgil van Dijk pada menit ke-30. Pada babak kedua, tuan rumah kembali mencetak dua gol tambahan melalui Memphis Depay (87′) dan Georginio Wijnaldum (90′).

Berdasarkan data Squawka, kemenangan dengan margin tiga gol ini merupakan yang pertama bagi timnas Belanda sepanjang 23 kali laga melawan Jerman. Catatan itu semakin indah karena kali ini merupakan kemenanangan yang pertama setelah 16 tahun.

BACA JUGA : Lukaku Bawa Belgia Taklukkan Swiss

Skuat besutan Joachim Loew sejatinya tampil dominan, menguasai bola hingga 59,5%. Namun penyelesaian akhir yang tidak efisien langsung dimanfaatkan oleh tuan rumah.

Jerman melesatkan 21 tembakan, empat di antaranya tepat target. Sementara Belanda cuma punya 14 percobaan, lima mengarah ke gawang dan satu membentur mistar gawang.

Loew menyebut kekalahan ini bukan semata-mata karena penyelesaian serangan yang buruk. Gol pertama Belanda di menit ke-30 disebutnya memukul telak mental para pemain sehingga tampil tak percaya diri.

“Ini bukan cuma soal memanfaatkan peluang. Kami bermain bagus hingga kami kebobolan dan tidak menggunakan kesempatan kami,” katanya dalam konferensi pers.

“Setelah kebobolan, Anda bisa melihat bahwa hasil belakangan ini berujung pada minimnya kepercayaan diri” imbuhnya.

Kegagalan mencetak gol ke gawang Belanda juga melanjutkan tren negatif Jerman saat melakoni laga kompetitif. Neuer dan kawan-kawan sudah tidak dapat mencetak gol dalam tiga laga kompetitif terakhir.

Torehan negatif itu diawali dari kekalahan 0-2 dari Korea Selatan di fase grup Piala Dunia 2018. Setelah itu, timnas Jerman hanya bermain imbang 0-0 saat menjamu Prancis pada laga perdana Grup 1 UEFA Nations League 2018, 6 September lalu, dan kini tak berdaya melawan Belanda.

Berikutnya Jerman akan bertandang ke Prancis di lanjutan UEFA Nations League, Rabu (17/10/2018). Saat ini Jerman berada di posisi dasar Grup 1 Liga A dengan satu poin, di belakang Prancis (4) dan Belanda (3).


LEAVE A REPLY