Seputareuro – Pelatih Leeds United telah mengaku memata-matai tim asuhan Frank Lampard sebelum berlaga di kasta kedua Liga Inggris Divisi Championship.

Pemuncak klasemen kasta kedua Liga Inggris Divisi Championship, Leeds United, menuai kemenangan atas Derby County di pekan ke-27 pada Sabtu (12/1/2019) dini hari WIB.

Tim asuhan pelatih asal Argentina, Marcelo Bielsa, menang 2-0 atas Derby yang dilatih eks pemain Chelsea, Frank Lampard. Namun, fokus laga itu tertuju pada berita penangkapan seorang karyawan Leeds yang memata-matai sesi latihan Derby sehari sebelum pertandingan.

Kepolisian Derbyshire mengonfirmasi, mata-mata Leeds tersebut kedapatan memotong pagar kamp latihan Derby di Moor Farm dan sontak hal ini jadi headline di media-media top Inggris.

BACA JUGA : Fellaini Akan Segera Terdepak Dari MU?

Staf pelatih itu rupanya adalah orang suruhan Bielsa langsung dan membuat manajer asal Argentina itu dikecam habis-habisan, termasuk oleh manajer Derby Frank Lampard dalam wawancara jelang pertandingan. Leeds akhirnya menang dengan skor 2-0 dan mengukuhkan posisinya di puncak klasemen, lalu Bielsa sudah meminta maaf kepada Lampard.

Meski mengaku bersalah, Bielsa tidak merasa tindakan ini sebagai sebuah kecurangan. “Bukannya saya tidak memahami situasi ini. Jika hal semacam ini tidak diperkenankan di sepakbola Inggris, maka saya harus menerimanya karena saya bekerja di sini,” kata Bielsa kepada Sky Sports.

“Saya harus menerima bahwa tindakan semacam itu bukanlah hal yang umum dilakukan di negara ini. Tapi bukan berarti hal itu menjadikan saya sebagai orang yang curang,” jelasnya.

Pelatih berusia 63 tahun itu secara terbuka mengakui bahwa mengintip langsung kamp latihan lawan adalah kebiasaannya sejak pertama kali melatih di Argentina, Tradisi tersebut selalu dilakukan setiap dia melatih di klub manapun, baik di Eropa maupun luar Eropa, termasuk saat menangani timnas Argentina.

“Saya meneliti semua lawan yang akan kami hadapi dan melihat sesi latihan seluruh lawan-lawan,” ujar Bielsa seperti dikutip BBC.

Tapi, aksi Bielsa ini bukan hal yang sering ditemukan di Inggris dan kemungkinan besar akan dijatuhi sanksi oleh FA. “Saya merasa malu harus memberitahu ini semua kepada Anda. Saya tidak curang. Saya tahu segala hal yang harus saya tahu,” tutupnya.


LEAVE A REPLY