Seputareuro – Chelsea kembali takluk di tangan Tottenham Hotspur. Chelsea harus mengakui keunggulan Tottenham di leg pertama semifinal Piala Liga Inggris. Bertanding di Wembley, Rabu (9/1/2019) dini hari WIB, Chelsea kalah 0-1 dari tuan rumah.

Chelsea sebenarnya tampil dominan dan menguasai jalannya laga kontra Tottenham Hotspur. Tapi, Si Biru gagal mengonversi dominasi itu menjadi kemenangan. Chelsea mendominasi pertandingan dengan menciptakan 17 attempts, lima di antaranya tepat sasaran. Sementara, Spurs cuma diberi kesempatan melepaskan enam attempts dengan empat on target. Bahkan Chelsea juga unggul penguasaan bola 58 persen berbanding 42 persen.

Tapi, statistik itu tak berbanding lurus dengan penampilan Chelsea di atas lapangan. Para pemain menyerang seperti Eden Hazard, Willian, dan Calum Hudson-Odoi banyak membuang peluang. Penampilan Paul Gazzaniga di bawah mistar begitu apik yang membuat frustrasi para pemain Chelsea.

Sementara, Spurs tampil efektif dengan salah satu serangannya berbuah gol meski lewat penalti yang dieksekusi sempurna oleh Harry Kane. Skor 1-0 bertahan hingga akhir laga.

BACA JUGA : Ritme Permainan Hancur, Liverpool Tersingkir dari Piala FA

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, pun mengungkapkan kekesalannya dan menilai wasit Inggris tidak tahu cara menggunakan video assistant refferee (VAR).

Gol kemenangan Spurs yang dicetak Harry Kane lewat titik putih pada menit ke-26 menjadi kontroversi karena wasit mengambil keputusan setelah melihat VAR.

“Saya sudah melihat cuplikan dari kamera kami. Sangat jelas itu offside. Kamera kami sejajar dengan gerakan Kane,” kata Sarri dikutip dari situs web Goal.

“Kane offside dengan kepala dan lutut. Gerakan hakim garis sangat memengaruhi lini belakang kami. Saya pikir wasit Inggris tidak mengerti sistem,” ujar Sarri menambahkan.

Penalti ini berawal dari umpan lambung Toby Addelweireld kepada Kane yang lolos dari kawalan pemain belakang Chelsea. Tiga bek Chelsea yang berusaha mengejar kemudian berhenti berlari karena melihat hakim garis tidak mengikuti bola.

Wasit Michale Oliver kemudian tetap melanjutkan laga hingga akhirnya Kane dijatuhkan oleh kiper Kepa Arrizabalaga. Oliver langsung meniup peluit dan menunjukkan gestur agar perangkat pertandingan melihat tayangan VAR. Saat menunggu VAR, Oliver mendapat protes dari para pemain Chelsea dengan menunjuk hakim garis. Pada akhirnya, Oliver memutuskan penalti dan dieksekusi dengan sempurna oleh Kane.

Berikut adalah highlight laga ini yang dimana terdapat momen Kane menerima penalti yang menurut Sarri tidak adil.

Sarri mengaku kecewa dengan cara kerja wasit ini, terutama bagaimana komunikasi wasit utama dengan hakim garis.

“Jika tidak yakin, Anda harus mengikuti bola, tetapi hakim garis tidak. Dia berhenti dan bek kami berpikir itu offside,” kata Sarri.

“Saya pikir mereka harus belajar VAR lagi. Sangat aneh Liga Inggris tidak menggunakan VAR, sementara Carabao Cup ada sistem itu. Aneh untuk kami, wasit, dan pemain,” ujar pelatih asal Italia ini menambahkan.

Leg kedua selanjutnya akan berlangsung di Stadion Stamford Bridge pada Senin (21/1/2019).


LEAVE A REPLY