Seputareuro – Liverpool mengalahkan Manchester United, 3-1, pada lanjutan pekan ke-17 Premier League, di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (16/12/2018). The Reds terlalu dominan dengan menggelontorkan 36 tembakan, berbanding enam tembakan di kubu The Red Devils.

Liverpool tampil dengan kekuatan terbaik. Lini depan masih ditempati trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane.

Sementara itu, Manchester United bermain dengan skema 5-4-1. Matteo Darmian diperbantukan sebagai bek tengah bersama Eric Baillshaqiriy dan Victor Lindelof.

Dari dua formasi tersebut, Liverpool tampil lebih menyerang. Salah dan kawan-kawan menguasai penuh jalannya pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Liverpool mengambil insiatif serangan pada menit-menit pertama.

Meski begitu, Manchester United sempat mencetak gol pada menit ke-2 melalui Romelu Lukaku, namun harus dianulir karena telah terjebak dalam posisi offside.

Pada menit ke-7, Roberto Firmino melepaskan tembakan dari jarak jauh, namun masih bisa diselamatkan oleh David de Gea.

Hingga menit ke-15, Liverpool telah memperoleh 6 peluang, 2 diantaranya mengarah ke gawang, berbanding dengan 1 milik Manchester United.

Liverpool akhirnya membuka keunggulan melalui Sadio Mane pada menit ke-24, usai memanfaatkan umpan terobosan Fabinho. 1-0 untuk tim tuan rumah.

Tiga menit berselang dari gol Mane, Lovren memiliki peluang menambah keunggulan The Reds andai sepakan jarak dekatnya tak melambung tinggi ke gawang De Gea.

Tertinggal satu gol, Manchester United coba melakukan serangan. Hasilnya, pada menit ke-33, Jesse Lingard berhasil menyamakan kedudukan memanfaatkan kesalahan Alisson, yang salah mengantisipasi umpan silang Romelu Lukaku. Skor 1-1.

Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Manchester United sedikit mengubah taktik dngan memasukkan Maroaune Fellaini menggantikan Diogo Dalot.

Namun, alur serangan masih menjadi milik Liverpool.

Pada menit ke-52, sontekan Roberto Firmino masih bisa dihadang David de Gea. Beberapa saat kemudian, Ashley Young membuang bola rebound yang berusaha dimanfaatkan Naby Keita.

Bertubi-tubi tim tuan rumah menggempur pertahanan tim tamu. Dua peluang dieproleh oleh Virgil van Dijk dan Georginio Wijnaldum hingga menit ke-65.

Pada menit ke-70, Liverpool melakukan pergantian pemain pertama dengan memasukkan Xherdan Shaqiri menggantikan Naby Keita. Pemain asal Swiss layak dinobatkan sebagai Supersub dan langsung memberikan efek instan.

Xherdan Shaqiri, dua menit berselang membawa Liverpoolunggul lagi dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti, memanfaatkan bola rebound dari David de Gea. 2-1 untuk Liverpool.

Selebrasi Shaqiri Ketika Mencetak Gol
Selebrasi Shaqiri Ketika Mencetak Gol

Shaqiri kembali mencetak gol pada menit ke-80. Umpan Mohamed Salah dituntaskan dengan tendangan kaki kiri yang masuk ke dalam gawang usai membentur kaki Eric Bailly. Skor 3-1 untuk Liverpool bertahan hingga pertandingan usai.

BACA JUGA : Gol Ronaldo Jadi Penentu Kemenangan Juventus Atas Torino

Kemenangan membawa pasukan Juergen Klopp semakin kokoh di puncak klasemen dengan perolehan 45 poin, juga dengan status belum terkalahkan di liga. Sementara, Man United masih tertahan di peringkat 6 dengan perolehan poin 26.


LEAVE A REPLY