Seputareuro – Real Madrid resmi memecat pelatih Julen Lopetegui pada Senin (29/10/2018) atau Selasa dini hari WIB. “Dari hasil rapat hari ini, Direksi Real Madrid mengambil keputusan untuk mengakhiri kontrak Julen Lopetegui sebagai pelatih utama klub,” demikian pernyataan resmi klub. Dengan demikian, Lopetegui hanya bertahan di kursi pelatih Real Madrid cuma sekitar empat bulan.

Pemecatan mantan pelatih timnas Spanyol itu memang sudah bisa diprediksi sejak satu bulan lalu. Tren buruk Real Madrid lah yang jadi alasannya.  Pemecatan Lopetegui ini tak lepas dari periode buruk yang dijalani Madrid selepas musim 2018/2019 berjalan tiga bulan. Sempat punya start bagus, Madrid malah cuma menang sekali dari tujuh pertandingan terakhir di seluruh kompetisi.

Hanya 14 laga kompetitif dijalani Lopetegui dengan enam kemenangan, dua seri, dan enam kekalahan dengan rasio kemenangan 42,86 persen. Melihat rekor bertanding selama periode itu, Lopetegui dapat dikatakan sebagai pelatih terburuk Madrid sejak memasuki milenium kedua.

BACA JUGA : Barca Pesta Gol, Lindas Madrid 5-1

Sebelum Lopetegui, hanya ada tiga pelatih Madrid terburuk di milenium kedua ini yakni Carlos Queiroz, Jose Antonio Camacho, dan Rafael Benitez.

Lopetegui resmi mulai melatih Real Madrid di 1 Juli 2018. Tapi sebelum itu ada cerita penuh drama yang mengantarnya ke kursi pelatih El Real.

Pria 52 tahun itu menyepakati dan mengumumkan perjanjiannya dengan El Real saat masih menduduki kursi pelatih Timnas Spamyol, hanya beberapa hari menjelang Piala Dunia 2018. Itulah yang kemudian memunculkan kontroversi, terlebih dia membuat kesepakatan tanpa sepengetahuan Asosiasi Sepakbola Spanyol.

Maka pada 13 Juni 2018 dia resmi diberhentikan dari posisi sebagai pelatih Timnas Spanyol, hanya 1 hari jelang kickoff Piala Dunia 2018. Posisinya ketika itu kemudian digantikan Fernando Hierro.

Madrid dan Lopetegui mendapat banyak kritik atas kesepakatan yang mereka capai dan keputusan mengumumkannya sebelum Piala Dunia dimulai. Real madrid dinilai telah mengorbankan La Furia Roja. Di Rusia ketika itu, Spanyol, yang tak terkalahkan dalam 20 laga bersama Lopetegui, tersingkir di 16 besar oleh tuan rumah.

Sebagai pengganti pelatih setelah Lopetegui dipecat, Santiago Solari ditunjuk sebagai pengganti per Selasa (30/10/2018). Sebelumnya, dia adalah pelatih tim Real Madrid B.


LEAVE A REPLY