Seputareuro – Barcelona secara meyakinkan mengalahkan Levante dengan skor 3-0 pada laga leg kedua babak 16 besar Copa del Rey. Hasil ini meloloskan Barca ke perempatfinal.

Los Cules memulai laga dengan tertinggal 1-2 di leg pertama. Namun, bertanding di Camp Nou, Jumat (18/1/2019) dinihari WIB, Barca mampu membalikkan kedudukan untuk lolos dengan agregat 4-2.

Ousmane Dembele menciptakan dua gol Barcelona yang terlahir di babak pertama. Satu gol Barca lainnya dicetak Lionel Messi usai jeda pertandingan.

Namun ternyata pertandingan ini membuahkan masalah yang kontroversial. Hal ini karena Juan Brandariz atau yang biasa dikenal Chumi dimainkan di leg pertama walaupun sebenarnya tengah menjalani skorsing satu pertandingan akibat akumulasi lima kartu kuning.

Levante yang tidak senang dengan hal itu langsung melayangkan surat protes kepada Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) untuk menindaklanjuti masalah tersebut namun sampai sekarang belum ada keputusan yang dikeluarkan RFEF dari laporan tersebut.

BACA JUGA : Tertangkap Lagi Memata-Matai Lawan, Bielsa Tidak Merasa Bersalah

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde pun santai saja menanggapi protes Levante terkait status Chumi. Sebab, Chumi sah dimainkan dan tidak ada masalah sama sekali.

“Kami tidak pernah ragu soal Chumi,” ujar Valverde seperti dikutip FourFourTwo.

“Tidak hanya sebelum, tapi juga setelah, atau selama pertandingan,’ sambungnya.

“Kami yakin bahwa kami masih akan ikut undian besok (malam nanti). Kami yakin sudah melakukan hal yang benar.”

“Kami tahu sekali bahwa Chumi disanksi, dia tidak bisa dimainkan saat laga kontra Eibar (di La Liga),” papar Valverde soal laga kontra Eibar yang berlangsung tiga hari setelah leg pertama.

“Kami yakin dengan apa yang kami lakukan. Kami sudah bertindak dengan benar. Kami harus memenangi laga yang seharusnya dimenangi. Itu sudah jelas,” tutup Valverde.

Masalah yang melibatkan Barca ini pernah dialami Madrid pada Copa del Rey 2015. Ketika itu, Los Blancos memainkan Denis Cheryshev di babak 32 besar melawan Cadiz.

Padahal, Cheryshev masih mengantongi hukuman skors satu laga setelah menerima tiga kartu kuning pada Copa del Rey di musim sebelumnya.

Atas kesalahan Madrid itu, RFEF mengeluarkan hukuman. Los Blancos didiskualifikasi dari Copa del Rey. Jadi ika terbukti bersalah, maka Barca juga bisa didiskualifikasi yang tentunya merupakan kerugian besar mengingat mereka adalah juara bertahan.


LEAVE A REPLY