Seputareuro – Madrid berhasil memetik kemenangan di markas Ajax dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Dalam pertandingan di Johan Cruyff Arena, Kamis (14/2/2019) dini hari WIB, Los Blancos menang 2-1.

Saat kedudukan 0-0, Ajax berhasil mencetak gol lebih dulu pada menit ke-38. Tagliafico menyundul bola yang terlepas dari Thibaut Courtois.

Namun ternyata wasit Damir Skomina menganulir gol tersebut setelah melihat VAR. Skomina menilai Dusan Tadic yang berdiri di depan Courtois  mengganggu permainan dari posisi offside meski tak menyentuh bola. Wasit kemudian memberikan tendangan bebas kepada Madrid.

BACA JUGA : Tak Perlu Neymar, PSG Tetap Bisa Bungkam MU di Old Trafford

Alasan Gol Tgliafico Dianulir

Ada dua kasus yang menjelaskan mengapa gol dianulir karena gangguan pemain lain. Yang pertama, pemain yang ada dalam posisi offside secara langsung menghalangi pandangan kiper meski tak menyentuh bola. Dalam kasus gol Tagliafico, pandangan Courtois tak terhalang.

Yang kedua adalah jika si pemain menghalangi pemain lawan sehingga tak bisa bermain atau memainkan bola.

Ajax membobol gawang Real Madrid pada menit ke-37. Prosesnya bermula dari sepak pojok. Thibaut Courtois gagal menangkap dengan baik sundulan Mathijs De Ligth. Kemudian terjadi kemelut.

Saat itulah, Nicolas Tagliafico menyundul bola. Sementara, nampak pula ada gerakan yang dilakukan oleh Dusan Tadic yang berada di dekat Courtois.

Awalnya, Skomina memutuskan gol untuk sundulan Tagliafico. Namun, setelah melihat VAR, wasit asal Slovakia tersebut memilih menganulir gol pemain asal Argentina. UEFA kemudian punya alasan mengapa gol itu tidak sah.

“Pada menit ke-38 di laga leg pertama Ajax vs Madrid. Gol sundulan Nicolas Tagliafico dianulir setelah dilihat dari VAR. Wasit mengidentifikasi rekan Tagliafico, Dusan Tadic, berada dalam posisi offside dan mengganggu kiper,” terang UEFA di akun twitter resmi Liga Champions.

UEFA menilai Tadic terlibat dalam permainan, meskipun tidak menyentuh bola. Dia dinilai menghalangi laji Courtois. Dalam aturan, kejadian ini memang dianggap sebagai offside.

Berikut adalah highlight pertandingan Ajax melawan Real Madrid.

Kini tim asal Belanda itu harus bisa menang dengan selisih dua gol di kandang Real Madrid pada tanggal 5 Maret 2019 agar dapat lolos ke babak selanjutnya.


LEAVE A REPLY