SEPUTAREURO – Musim ini sepertinya Cristiano Ronaldo dinaungi ketidakberuntungan. Ketajaman Ronaldo di depan gawang lawan juga menurun drastis jika dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya.

Sampai La Liga memasuki jornada 11, Ronaldo baru mencetak satu gol saja. Tentu saja angka itu teramat buruk untuk standar Ronaldo. Ronaldo memang harus absen dalam empat laga awal la Liga musim ini karena hukuman akibat mendorong wasit dalam laga Superocpa de Espana.

BACA JUGA : Madrid Krisis, Ronaldo Curhat ke Pepe

Namun statistik yang paling mencolok dari keterpurukan Ronaldo di La Liga adalah rasio konversi tembakan dan gol. Sebagai catatan, Ronaldo sudah mencatatkan 48 tembakan di La Liga musim ini dan baru mencetak satu gol. Artinya, rasio konversi Ronaldo cuma 2,08%. Terburuk sepanjang kariernya di Madrid.

Sebagai pembanding, berikut adalah rasio konversi gol/tembakan Ronaldo dalam lima musim terakhir:

  • Musim 2012-13 – 18%
  • Musim 2013-14 – 19%
  • Musim 2014-15 – 26%
  • Musim 2015-16 – 19%
  • Musim 2016-17 – 19%

Kinerja Ronaldo juga jauh dibanding para penyerang lainnya di Eropa. Rasio gol Ronaldo adalah yang terburuk di antara para penyerang di Eropa lainnya, tentu dalam hal efisiensi tembakan dibanding gol.

Cristiano Ronaldo Masih penyerang Terburuk EropaBuruknya catatan gol Ronaldo juga berimbas pada kinerja Real Madrid. Los Blancos saat ini sudah tercecer di posisi tiga klasemen sementara la Liga, terpaut delapan poin dari pemuncak klasemen; Barcelona.


LEAVE A REPLY